Manfaat Kacang Tanah untuk Sistem Organ dan Kulit


Sebagaimana yang telah diketahui bahwa selain memiliki rasa yang enak dan gurih, kacang tanah juga sangat kaya akan lemak dan protein. Bukan hanya itu, kacang tanah juga mengandung zat gizi lainnya seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin E, sodium, potasium, zat besi, serat dan karbohidrat. Yang semua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.Dengan memiliki kandungan berbagai zat gizi yang dimilikinya, kacang tanah ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dimana manfaat kacang tanah ini bukan hanya untuk sistem organ dan organ saja namun juga untuk kulit. Berikut manfaat kacang tanah untuk sistem organ dan kulit yang harus anda ketahui:

1. Mendukung Pertumbuhan Tubuh

Jika anda sedang dalam masa pertumbuhan, terutama pada anak-anak maka dengan mengkonsumsi kacang merupakan sesuatu yang sangat baik dilakukan. Karena manfaat kacang tanah ini bisa mendukung pertumbuhan tubuh anda. Hal ini disebabkan pada kacang tanah terdapat kandungan protein dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, kacang tanah juga mengandung asam amino yang mampu membuat tumbuh kembang menjadi lebih pesat.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang tanah memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana antioksidan pada kacang tanah akan mencegah timbulnya oksidasi yang bisa merusak kulit. Bukan hanya itu, kacang tanah juga memiliki kandungan vitamin E yang bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi. Bahkan manfaat kacang tanah juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak serta membakar kulit.

3. Mencegah Beberapa Penyakit

Semua orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini bisa anda wujudkan dengan cara mengkonsumsi kacang tanah secara teratur. Karena ada beberapa penyakit bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi kacang tanah. Adapun beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi kacang tanah diantaranya kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan penyakit kronis lainnya. Bahkan masalah infeksi jamur serta virus juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi kacang tanah.

4. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat lainnya dari kacang tanah adalah bisa meningkatkan kesuburan. Jadi jika anda sering mengkonsumsi kacang tanah sebelum hamil, maka  peluang untuk hamil semakin besar. Setelah anda hamil maka teruskan mengkonsumsi kacang tanah ini. Hal ini dikarenakan pada kacang tanah terdapat kandungan asam folat yang bisa mendukung tumbuh kembang janin serta mencegah kerusakan janin.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat berikutnya dari kacang tanah adalah untuk mengontrol gula darah. Tentunya hal ini sangat penting terutama bagi anda yang menderita diabetes dan bagi orang yang sudah usia lanjut. Hal ini dikarenakan kandungan mangan pada kacang tanah bisa mengatur kadar gula adarh supaya tetap normal. Karena bagaimanapun kadar gula normal sangat penting untuk diperhatikan supaya tidak mengalami gangguan metabolisme tubuh.

6. Mengatasi Depresi

Perlu anda ketahui bahwa kondisi tertekan atau depresi disebabkan oleh rendahnya kadar serotonin pada tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi kacang tanah secara teratur. Karena kacang tanah ini mengandung triptofan yang mampu meningkatkan pelepasan zat kimia tertentu. Sehingga pelepasan zat kimia tersebut bisa meningkatkan kadar serotonin yang akhirnya bisa mencegah terjadinya depresi. Jadi, jik anda sedang doresi dan tertekan, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kacang tanah goreng atau selai kacang.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah untuk sistem organ dan kulit. Jadi, jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat, anda bisa mengkonsumsi kacang tanah ini secara teratur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kacang Tanah untuk Sistem Organ dan Kulit"

Post a Comment