Yuk, Kita Cari Tahu Manfaat Apa Saja dari Bawang Putih untuk Tubuh


Tak bisa dipungkiri  lagi, bahwa bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Ya, terang saja demikian, sebab kehadiran bawang putih itu sendiri dapat menciptakan aroma dan rasa pada masakan yang jauh lebih menggugah. Mungkin, tak banyak dari kita yang mengetahui akan manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh. Lantas, seperti apakah manfaat bawang putih tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan momok yang paling menakutkan bagi setiap orang. Bagaimana tidak! sebab jenis penyakit yang satu ini dapat menyerang secara tiba-tiba tanpa adanya sebuah gejala. Itu sebabnya, mengapa penyakit jantung dijuluki dengan nama “ Silent Killer “. Biasanya, penyakit jantung ini kerap menyerang pada orang berusia 60 tahun ke atas. Namun, tak sedikit juga orang yang baru berumur 40 tahun sudah memiliki penyakit jantung lho. Berdasarkan dari hasil penelitian, mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu dalam mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, sehingga pembuluh yang memompa darah ke jantung tidak akan tersumbat. 

2. Mengobati Penyakit Umum

Ada berbagai jenis penyakit umum yang sering kita jumpai seperti radang, infeksi, dan radang. Ya, jenis-jenis penyakit tersebut dapat diobati dengan mengonsumsi bawang putih secara mentah. Mengapa bisa demikian? Sebab, bawang putih mentah ini memiliki senyawa aktif alicin, antivirus, antijamur dan antimikroba yang efektif untuk membunuh berbagai organism penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit tadi. Tak hanya itu saja, bawang putih ini juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Mencegah Kerontokkan Pada Rambut

Rambut merupakan mahkotanya bagi umat manusia, terutama untuk kaum perempuan. Tak sedikit dari kita yang dihadapkan pada masalah alopecia atau kebotakan rambut, yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Namun dengan menggunakan bawang putih, maka hal ini dapat membantu pertumbuhan pada rambut. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Siapkan beberapa butir bawang putih, tumbuk hingga halus, kemudian aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat perlahan. Tutup kepalamu dengan cup shower, diamkan sekitar 25 – 30 menit, kemudian bilas lagi dengan air dan shampoo sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin sebelum mandi. 

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat hebat berikutnya dari bawang putih yang harus kamu ketahui, yakni dapat mengatasi masalah jerawat. Berdasarkan dari hasil penelitian, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antioksidan, yang dapat mengatasi masalah jerawat beserta bekas jerawatnya. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, sediakan 4 – 5 butir bawang putih, kupas kulitnya, kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Oleskan masker bawang putihnya pada bagian jerawat, diamkan hingga kering, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. 

5. Melembapkan Kulit Wajah

Selain efektif dalam mengatasi masalah jerawat yang membandel, ternyata bawang putih ini juga dapat melembapkan kulit wajah lho. Mengenai cara peggunaannya, kalian bisa lihat pada poin diatas tadi.
Itulah beberapa manfaat dari bawang putih yang harus kalian ketahui. Melihat manfaatnya yang begitu luarbiasa, tentu saja kamu jangan sampai menyia-nyiakan keberadaan bawang putih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk, Kita Cari Tahu Manfaat Apa Saja dari Bawang Putih untuk Tubuh"

Post a Comment