Ini Dia Beberapa Fakta Menarik Mengenai Gempa Donggala Yang Harus Anda Ketahui



Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pada pekan lalu Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi bagian Tengah dilanda musibah bencana alam yang berupa gempa dan tsunami. Ya, gempa dan tsunami tersebut menerjang dua wilayah di Sulawesi Tengah, yakni kota Palu dan Donggala. Dengan demikian, maka tak heran jika, Tanah Air kita saat ini masih dalam suasan berkabung. Berbicara soal beritahari ini tentang gempa di donggala, ada beberapa fakta menarik mengenai gempa Donggala lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

1. Kurang Lebih 254 Kali Terjadi Gempa Susulan


BMKG mencatat telah terjadi 254 kali gempa susulan di Sulawesi Tengah hingga Senin kemarin tanggal 1 Oktober 2018. Walaupun kekuatan gempanya mulai menurun, namun 9 kali diantaranya getarannya masih bisa dirasakan oleh warga. Dan pada hari selasa (2/10/2018), Palu dan Donggala kembali diguncang gempa pada pukul 06.46 WIB dengan kekuatan magnitude 5,3 SR. Adapun lokasi gempa berada pada kedalaman 10 kilometer yang bertitik pusat di 0,57 Lintang Selatan, 119,87 Bujur Timur atau sekitar 16 KM Tenggara Donggala.

2. Banyak Rumah Tenggelam Lumpur


Pada saat gempa terjadi tanah yang dipijak bergerak dan berubah seperti gelombang sehingga bisa menenggelamkan benda yang ada di atasnya, termasuk rumah. Fenomena tanah bergerak ini dalam bahasa ilmiahnya disebut likuifaksi, dimana tanah berubah menjadi air sehingga banyak rumah yang tenggelam bak ditelan bumi. BNPB mencatat ada sebanyak 744 unit rumah yang tenggelam di Perumahan Patoga, dan lebih dari 500 orang yang meninggal dunia.

3. Kecamatan Di Sigi Terisolir


Pasca gempa dan tsunami di Palu dan Donggala yang menyebabkan 7 Kecamatan yang berada di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menjadi terisolasi. Hal ini disebabkan jalur transfortasi yang ada di sana terputus akibat jalan terbelah dan longsor. Adapun 7 kecamatan yang terisolasi tersebut meliputi, kecamatan Salawu, Gumbasa, Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan, Dolo Barat, dan Dolo Selatan. 

Ituah beberapa fakta menarik dibalik musibah bencana gempa bumi di Donggala. Oleh karenanya, mari kita doakan yang terbaik untuk saudara-saudara kita yang berada disana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Beberapa Fakta Menarik Mengenai Gempa Donggala Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment