Hal Penting Agar Artikel Blog Menarik dan Dipercaya


Gambar: maxpixel.net
JIKA dahulu, menulis berita, artikel, opini, essai dan sebagainya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, berbeda dengan era digital saat ini. Seperti menulis berita, di era sekarang setiap orang bisa menulis berita, yang biasa disebut dengan jurnalisme warga (Citizen journalism). Berita-berita yang ditulis oleh jurnalis warga ini, tidak mesti diterbitkan di media-media mainstream, tetapi justru para jurnalis warga ini lebih memilih menerbitkan atau menayangkan berita-beritanya di website atau blog-blog pribadi.

 

Sebab, dengan blog atau website pribadi ini para pemiliknya bisa dengan leluasa memposting hasil reportasenya. Termasuk juga tulisan yang berbentuk opini, essai, hasil riset dan lainnya, kapan pun dan di mana pun, sesuka hati pokoknya. Nah, untuk bisa terbit di media mainstrem, jika kita belum memiliki nama yang populer sebagai penulis, biasanya harus melewati proses penyaringan yang cukup ketat. Syukur-syukur artikel kita dibaca oleh redakturnya, jangan-jangan tidak dibaca sama sekali. Kapan mau terbitnya? he..he..he...

 

Tidak hanya itu, di zaman sekarang ini, blog atau website pribadi juga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk mendapatkan rezeki. Seperti, penjualan produk dan jasa secara online. Faktanya, sudah banyak industri dan UKM yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran produk-produk miliknya.

 

Gambar: pixabay.com.

Hanya saja, meskipun kita bisa dengan leluasa memposting artikel di website atau blog pribadi, namun artikel yang diposting harus lah menarik, enak dibaca dan dapat dipercaya. Dengan demikian, blog atau website kita secara otomatis ramai dikunjungi para netizen, trafiq tinggi dan rezeki pun mengalir deras. Mau?

 

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat membuat artikel:

  • Judul

Judul harus dibuat semenarik mungkin. Karena, sebelum orang membaca atikel kita yang pertama kali diperhatikan adalah judul. Sebab itulah, pastikan judul yang kita buat bisa memancing orang untuk membaca paragraf awal artikel kita.

Contoh:


Judul 1:

Beberapa Cara Agar Kulit Menjadi Putih Bersinar


Judul 2:

9 Cara Agar Kulit Menjadi Putih Bersinar Dalam Tempo Dua Seminggu

 

Coba perhatikan dari 2 judul artikel di atas. Mana yang lebih menarik? Pada judul pertama hanya menjelaskan cara agar kulit menjadi putih bersinar. Tetapi, pada judul kedua diberi penegasan dalam tempo dua minggu. Tentu pembaca akan lebih tertarik pada judul yang memiliki kejelasan waktu. 

  • Kepala Artikel

Kepala artikel ini merupakan tulisan pada paragraf pertama. Di sini penting, penulis artikel harus menyusun bagaimana paragraf pertama ini menjadi menarik, sehingga pengunjung dapat meneruskan membaca hingga paragraf-paragraf selanjutnya.


Contoh: Tidak butuh waktu lama, hanya dalam tempo dua minggu, kulit si A sekarang menjadi putih bersinar. Hal tersebut karena si A melakukan 9 cara yang berikut ini.

 

Dengan kepala artikel tersebut, maka pengunjung akan meneruskan membaca ke paragraf-paragraf selanjutnya.

  • Tubuh Artikel

Tulis artikel dengan bahasa yang lugas, mudah dimengerti. Jangan gunakan istilah-istilah yang sulit dipahami. Apalagi menggunakan istilah-istilah yang memaksa pembaca harus membuka kamus "bahasa planet". Jika kita ingin menulis artikel 9 cara agar kulit menjadi putih bersinar, maka jelaskan apa saja 9 cara tersebut.

  • Penutup

Pada paragraf penutup ini, jika tujuan kita ingin menjual produk, di sinilah tempat kita mengarahkan agar pembaca bisa tergerak untuk membeli produk yang kita jual. Bisa melalui whatsapp, menuju link website produk kita atau jejaring sosial. Karena itu, tutuplah dengan kalimat-kalimat yang mengesankan.

 

Gambar: atelier.bnpparibas.com. 

Domain dan Hosting

  • Domain

Kemudian, tidak kalah pentingnya adalah domain. Apa itu domain? Yakni nama atau alamat website atau blog. Dengan mengetik alamat domain tersebut maka akan menuju ke halaman website atau blog kita.

 

Di dunia digital ini, ada banyak ada banyak tersedia blog-blog yang bisa dibuat secara gratis, menggunakan domain gratisan, seperti blogspot atau wordpress. Tetapi, menggunakan domain gratisan ini, alamat domain kita menjadi lebih panjang. Misalnya, namablog.blogspot.com atau namablog.wordpress.com.

 

Selain domain gratisan, ada juga yang disebut dengan TLD (Top Level Domain/ domain tingkat tinggi). Dengan TLD ini, alamat blog atau website menjadi lebih khusus dan unik. (.com, .net, .id, .web.id, .info, .co.id dan lainnya). Ada banyak tempat mengubah nama domain yang tadinya gratisan menjadi TLD, asalkan nama domain tersebut belum ada yang menggunakannya. Salah satu link untuk mendapatkan domain berbiaya murah anda bisa mendaftar ke Idwebhost.com.

 

Nah, ada banyak keuntungan jika menggunakan website atau blog yang sudah diubah menjadi TLD, di antaranya:

1.    Menggunakan Nama Sesuai Keinginan Sendiri

Bisa menggunakan alamat domain sesuai dengan keinginan kita sendiri. Seperti disebutkan sebelumnya, asalkan belum ada yang menggunakan alamat domain tersebut.

2.    Tampak Lebih Profesional

Berbeda jika kita menggunakan domain gratisan, dengan menggunakan domain TLD, website atau blog kita tampak atau terkesan lebih profesional dan lebih dipercaya. Coba anda bandingkan, jika membaca berita dari domain gratisan yang masih ada embel-embel  blogspot.com atau wordpress.com, dengan berita di kopicurup.com. Terkesan bahwa kopicurup.com merupakan blog atau website yang lebih profesional. Betulkan?

3.    Tampak Lebih Serius

Selain tampak profesional, website atau blog domain TLD akan terksesan dikelola dengan serius oleh pemiliknya, berbeda dengan domain gratisan.

Gambar: idwebhost.com

  • Hosting

Selain domain, masih ada elemen penting lainnya yang harus kita miliki, yakni hosting. Apa itu hosting? Ibaratnya anda saat ini kita sudah memiliki papan merek untuk sebuah kantor, yang kita sebut dengan domain tadi. Perusahaan tempat kita membeli papan merek tadi ibaratnya perusahaan tempat mendaftar alamat domain, seperti Idwebhost.

 

Lalu, apakah dengan hanya memiliki papan merek tadi, kantor kita sudah bisa beroperasi? Jawabannya tidak. Karena, kita butuh menyewa satu tempat atau rumah untuk melaksanakan aktivitas perkantoran, juga tempat menyimpan data-data. Kita membutuhkan tempat agar klien atau konsumen  bisa mengunjungi kantor kita untuk melakukan kontrak perkerjaan dari sebuah proyek. Ada banyak tempat menyewa hosting, salah satu perusahaan yang saya rekomendasikan anda bisa mengunjungi Idwebhost.

 

Sedangkan, orang atau managemen tempat kita menyewa rumah lengkap dengan berbagai fasilias yang kita butuhkan, merupakan perusahaan web hosting, contohnya adalah Idwebhost.

 

Itulah beberapa hal penting yang dibutuhkan, agar website atau blog kita bisa lebih dipercaya, tentunya dengan artikel yang menarik dan enak dibaca.(*)

 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hal Penting Agar Artikel Blog Menarik dan Dipercaya"

  1. terimaksih sudah berbagi ilmu untuk para blogger . . . kunjungi blogku ya

    ReplyDelete