Peluang Pemuda Rejang Lebong Jadi Anggota Legislatif

Hidayattullah
Hidayattullah

BANYAK pemuda di Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini yang terjun ke dunia politik. Baik itu terang-terangan, maupun masih bermain di belakang layar. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil menduduki kursi legislatif DPRD RL. Hal tersebut membuktikan, bahwa pemuda juga punya kans atau berpeluang untuk menjadi anggota legislatif di Bumi Pat Petulai ini. Itu artinya, mereka tak bisa dipandang sebelah mata.

Meskipun kontestasi politik pemilihan anggota legislatif (Pileg) belum dimulai, tetapi beberapa nama dengan usianya yang masih muda sudah digadang-gadangkan bakal maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg). Apalagi tak bisa dipungkiri, banyak pemuda di RL ini yang sudah memiliki pengalaman politik cukup matang.

Peluang pemuda menjadi anggota DPRD RL sangat terbuka lebar, bahkan untuk kapasitas anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Tinggal sekarang ini bisa atau tidak pemuda kita ini memanfaatkan peluang tersebut.

Hanya saja, tantangan terberat bagi pemuda untuk bisa menjadi anggota DPRD di daerah ini adalah faktor finansial. Hal itu seiring dengan mayoritas masyarakat sekarang yang selalu menjadikan arena demokrasi sebagai politik transaksional, seluruhnya yang berkaitan dengan politik selalu dikaitkan dengan uang. Padahal, jika para pemuda di Kabupaten RL ini solid dan kompak mendukung tokoh pemuda maju menjadi anggota DPRD, bukan tidak mungkin bisa menang. Tentunya, tokoh pemuda yang diusung tidak hanya sekedar berpengalaman di dunia politik saja, tetapi dia juga harus berkomitmen ingin memajukan  Kabupaten RL.

Dari segi pengalaman, pendidikan dan pemahaman politik, birokrasi pemuda kita  sangat berpotensi menjadi anggota DPRD. Hanya saja, mereka kebanyakan belum bisa memenuhi kebutuhan finansial yang luar biasa besarnya, guna menutupi permintaan transaksional dari masyarakat.

Bagi saya, anakmuda itu pantas Pede (percaya diri) karena karyanya, inovasinya serta energi super yang dimilikinya. Makanya dengan saya maju ini, saya ingin mengajak anak muda kita untuk melek politik. Pemuda harus menjadi bagian terdepan menentukan para wakil di lembaga DPRD," demikian ungkap mantan jurnalis tersebut

Salah seorang barisan pemuda yang juga digadang-gadangkan akan ikut bertarung pada Pemilu 2019 adalah Hidayattullah. Pria kelahiran Curup 30 September 1991 ini membulatkan tekad untuk ikut maju pada Pemilu 2019 melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ditemui di kediamannya, pria yang akrab disapa Dayek ini menyatakan saat ini memang tengah trend dalam dunia politik nasional banyak tokoh muda yang diidolakan sukses dalam dunia politik. Aapalagi saat ini para pemilih tentu sangat rasional menentukan pilihannya kepada sosok yang energik, inovatif, kreatif dan mampu memberikan karya maksimal dalam dunia politik maupun pada lembaga DPRD.

"Kalau kita berkaca kepada Pilkada Jawa Barat, sosok anakmuda mampu mengalahkan tokoh nasional yang sudah senior. Sehingga menurut saya saat ini trend pemimpin muda, wakil muda itu sedang mengakar di tengah masyarakat. Apalagi seperti saya, salah satu niatan saya ikut bertarung pada Pemilu 2019 adalah ingin memberikan motivasi kepada para anak muda kita untuk ikut andil dalam menentukan para wakil di lembaga DPRD dan juga para pemimpin di daerah ini," jelasnya.

Ia juga memaparkan, sebagai anak muda ia juga sudah menyiapkan berbagai komitmen dan bukti kerja sebagai bahan pertimbangan para pemilih untuk memilihnya pada Pemilu 2019. Sampai saat ini berbagai kegiatan dan program terus dikembangkannya, mulai dari kursus Bahasa Inggris gratis, program mengaji gratis dan juga berbagai bentuk program bakti sosial yang langsung menyentuh masyarakat luas.

"Saat ini, di lembaga DPRD kita saya lihat memang sedikit agak krisis tokoh muda yang mengakar. Apalagi yang mampu menjangkau kegiatan serta aspirasi masyarakat di tingkat desa. Sehingga para anak muda kita di kampung-kampung merasa agak sedikit kurang terangkul. Ini tentu menjadi salah satu PR kita nanti ketika duduk di lembaga  DPRD untuk lebih mengerti dan lebih dekat dengan anak-anak muda kita. Khususnya di tingkat pedesaan," lanjutnya.

Ditambah lagi, jaringan yang sudah dibangun sejak lama di tingkat pedesaan selama ini. Hidayattullah juga amat yakin semuanya menambah modalnya untuk fokus maju pada Pemilu 2019. Namun ketika dihadapkan dengan para lawan politik dari barisan yang senior. Menurunya hal itu tidak begitu menjadi persoalan.

Meskipun ia masih amat muda yakni masih berusia 27 tahun, namun pengalaman yang ia dapatkan di tengah masyarakat maupun didunia organisasi selama ini bukanlah hal yang sedikit pula.

"Bagi saya, anakmuda itu pantas Pede (percaya diri) karena karyanya, inovasinya serta energi super yang dimilikinya. Makanya dengan saya maju ini, saya ingin mengajak anak muda kita untuk melek politik. Pemuda harus menjadi bagian terdepan menentukan para wakil di lembaga DPRD," demikian ungkap mantan jurnalis tersebut. (*)

Profil



Nama              : Hidayattullah
TTL                  : Curup, 30 September 1991
ALamat           : Dusun I Desa Kesambe Lama Kec. Curup Timur
Pekerjaan        : Swasta
Istri                  : Wulan Sari
Anak                : Erlangga Prawira Hidayat
                          Adrian Adepio Hidayat

Pendidikan

SDN 11 Curup            Tamat Tahun 2003
SMPN 06 Curup         Tamat Tahun 2006
SMKN 1 Curup           Tamat Tahun 2009
IAIN Curup                  Tamat Tahun 2012

Pekerjaan

Pernah menjadi karyawan Harian Radar Pat Petulai
Pernah menjadi Wartawan Harian Radar Pat Petulai
Pernah menjadi Redaktur Harian Radar Pat Petulai
Pernah menjadi Manager Iklan Harian Radar Pat Petulai
Sekretaris Desa Kesambe Lama 2016-2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Pemuda Rejang Lebong Jadi Anggota Legislatif"

Post a Comment