Jangan Cuci Karpet Anda Setahun Sekali, ini Bahayanya!



KARPET atau ambal, selain berfungsi sebagai penutup lantai juga berfungsi sebagai dekorasi pelengkap interior rumah. Selain itu, karpet juga berfungsi sebagai alas tempat bersantai di ruang keluarga atau pada ruangan tertentu lainnya, tempat berkumpul atau digunakan untuk hal lainnya sebagai alas tempat duduk.

Namun, sudah banyak yang tahu, tetapi kerap mengabaikannya. Kalau karpet atau ambal juga mudah menyerap berbagai macam sumber penyakit. Sebab, karpet atau ambal mudah mengumpulkan kotoran seperti debu, bulu hewan, kutu, sisa-sisa makanan dan lainnya.

Nah, penumpukan debu dalam jumlah yang sangat banyak dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya yang berkaitan dengan gangguan pernafasan. Contohnya adalah gangguan asma, alergi, bahkan bisa sampai ke paru-paru. Jika ini dibiarkan, tentu saja akan berbahaya terhadap kesahatan kita bukan?

Kekeliruan kebanyakan orang, biasanya mencuci karpet atau ambal dilakukan setahun sekali. Padahal, Karpet tersebut harus dibersihkan paling tidak 2-3 bulan sekali. Karena, kalau karpet atau ambal kotor bisa membuat orang cepat sakit. Sebab itu, cucilah karpet sekurang-kurangnya 2-3 bulan sekali.

Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi, berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber bahwa akibat karpet atau karpet kotor bisa mengakibatkan penyakit yang lebih berat yakni, penyakit kanker.

Apalagi, karpet atau ambal kita tersebut berada di ruangan tertutup, ruangan yang tidak memiliki ventilasi atau sirkulasi keluar masuk udara. Biasanya pada ruangan ber-AC. Sehingga, kotoran atau debu-debu yang berada di karpet bertebaran dalam ruangan dan dihirup oleh manusia. Hal ini tentunya membahayakan kesehatan manusia.

Bagaimana Solusinya?

Hanya saja, kita tidak perlu panik atau khawatir terlalu berlebihan. Karena, semuanya ada solusi. Yakni kita wajib membersihkan karpet secara rutin. Dengan membersihkan karpet secara rutin sangat membantu sekali untuk memastikan bahwa karpet atau ambal milik kita tersebut tidak berdebu, tidak ada kotoran, kutu atau kuman yang menempel di karpet. Apalagi jika di rumah kita terdapat bayi atau anak-anak.


Kekeliruan kebanyakan orang, biasanya mencuci karpet atau ambal dilakukan setahun sekali. Padahal, Karpet tersebut harus dibersihkan paling tidak 2-3 bulan sekali. Karena, kalau karpet atau ambal kotor bisa membuat orang cepat sakit. Sebab itu, cucilah karpet sekurang-kurangnya 2-3 bulan sekali.

Hanya sekedar membersihkan debu saja tentulah tidak cukup. Terkadang, karpet bisa terlihat bersih tetapi masih banyak kuman yang menempel. Karena itu, membawa karpet atau ambal untuk dibersihkan di jasa cuci juga perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa semua kuman yang ada di dalam karpet dibersihkan secara total. Sebab, jika kita hanya mencuci di rumah saja, tentu tidak cukup karena belum tentu bersih.


Namun, yang harus benar-benar diperhatikan adalah, cucilah karpet atau ambal ke jasa cuci karpet atau ambal ke tempat yang memiliki alat dan mesin khusus cuci karpet. Karena dengan alat khusus cuci karpet, maka karpet atau ambal kita akan benar-benar bersih. Selain itu, proses pembersihan di tempat cuci khusus membuat karpet tidak hanya bersih tetapi juga aman dari kuman. Mesin-mesin yang ada di tempat jasa cuci karpet sudah didesain secara khusus untuk menjaga warna dan tekstur karpet.

Untungnya, saat ini sudah ada jasa cuci karpet atau ambal yang menggunakan alat atau mesin khusus, pertama dan satu-satunya di Kota Curup, yakni Arka Jaya Laundry Karpet Express 24 jam selesai, di Jalan Letjend Soeprapto (Deretan MR.O Barber Shop) Kelurahan Talang Rimbo Lama, Curup Tengah.

Arka Jaya Laundry Karpet menggunakan mesin khusus pengering jenis "Jetspinner" yang telah teruji, bekerja menggunakan tenaga listrik 1 phase 220 Volt dengan Daya 5,5 HP (Horse Power) atau 5,5 Tenaga Kuda. Mesin ini sanggup mengeringkan karpet dengan lebar sampai 3,3 meter dan pajang sampai 4 meter lebih hanya dalam waktu 5 (lima) menit saja. Selain itu, mesin ini dikontrol dengan mikrokontroller digital inverter guna mengatur lama pengeringan, penggulungan ulang  dan dilengkapi sensor-sensor sehingga aman bagi karpet anda.


Disamping itu, Arka Jaya Laundry Karpet juga mencuci karpet anda mulai dari penggosokan atau penyikatan menggunakan sabun bermerek dengan mesin khusus polisher rotary guna untuk membersihkan karpet dari kotoran sehingga benar-benar bersih dan higienis.

Baru kemudian dibilas dengan air bersih sampai cairan sabun keluar dari karpet.  Selanjutnya, karpet yang sudah dibilas dengan air dimasukkan ke dalam mesin pengering. Kemudian karpet diangin-anginkan 1-6 jam. Setelah benar-benar kering,  karpet atau ambal tersebut dibersihkan kembali menggunakan vacumm cleaner. Sehingga, karpet anda pun benar-benar bersih.

Menariknya, mencuci karpet atau ambal di Arka Jaya Laundry Karpet, harganya tidak terlalu mahal, dihitung berdasarkan ukuran dan jenis karpet atau ambal yang akan dicuci.

Penting! jangan biarkan karpet kotor anda berlama-lama di rumah atau di kantor. Segera bawa ke Arka Jaya Laundry Karpet yang beralamat di Jalan Letjed Soeprapto deretan (Deretan MR.O Barber Shop) Talang Rimbo Lama Curup Tengah atau dapat menghubungi ponsel 0813 - 7789 – 7373. Silakan anda buktikan sendiri hasilnya.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Cuci Karpet Anda Setahun Sekali, ini Bahayanya!"

Posting Komentar