Omen, Pelukis Profesional Aset Rejang Lebong, Bengkulu

Omen saat menuangkan warna di atas kanvas.
Omen saat menuangkan warna di atas kanvas.
Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sebenarnya tidak kekurangan orang-orang dengan segudang prestasi, yang sudah berkontribusi dengan keilmuan, keahlian dan skillnya masing masing. Setiap kali berkarya, mereka selalu melekatkan ikon lokalitas Rejang Lebong, sebagai identitas karyanya.

Tidak banyak yang tahu, kalau di Rejang Lebong ini sebenarnya menyimpan seniman rupa (pelukis), dengan karyanya yang sudah melanglang buana, berpartisipasi di berbagai event pameran baik dalam negeri maupun luar negeri. Dia adalah Rohman, akrab disapa Omen, warga perumahan Jalan Padat Karya, Talang Rimbo Lama.

Pria kelahiran Jakarta pada bulan juli 1978 ini, sudah mulai menyenangi dunia seni rupa sejak dia masih kanak-kanak. Waktu itu, dia mulai gemar menggambar tokoh film kartun yang popular pada masa usia kanak-kanaknya. Seiring berjalannya waktu, dia mulai menekuni seni rupa dan mengambil kosentrasi S1 nya di jurusan seni rupa.

Omen ketika berpameran
Sebagai bentuk pengasahan kreatifitas, Omen mengikti berbagai event lomba seni rupa, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. “Dalam berkarya saya tidak mengikat diri pada aliran atau gaya tertentu,” kata Omen.

Baca juga: Orang-orang Top dari Bengkulu

Meskipun dia berdomisili di Rejang Lebong, sebuah daerah yang berada jauh dari pusat ibu kota, tetapi tidak mematikan langkahnya untuk berkarya hingga dikenal luas publik seni rupa nasional dan internasional. Menurutnya, zaman sekarang sudah canggih, informasi bisa diperoleh di mana saja, salah satunya melalui internet dan juga melalui jaringan-jaringan kesenian yang ada di Indonesia. “Dalam proses pengaktualisasian diri, saya terlibat dengan beberapa kelompok seni rupa di Jakarta atau kelompok yang terbentuk dari berbagai daerah di Indonesia. Kita tidak boleh menutup diri,” pesannya.

Karya Omen
Bahkan, Omen mengakui, dia bisa menemukan karakter lukisannya, hingga bisa dikenal publik setelah dia menetap di Provinsi Bengkulu.

Berikut pengalaman berpamerannya:

1. 2014. "Do Art". Mall Pondok Indah Jakarta.
2. 2015. "Ciputat Painting Fest. Galeri Puspo Ciputat
3. 2015. "Artmosfer". Pusat Kebudayaan Rusia
4. 2015. "Imago Mundi" Benneton Itali
5. 2015. " Imago Mundi" Bentar Budaya Bali
6. 2015. "Imago Mundi" Bentara Budaya Jogja
7. 2015. Pameran Kampium. Galeri Puspo.
8. 2015. "Makassar Biennale" Makassar
9. 2016. "Imago Mundi" Bentara Budaya Jakarta
10. 2016. "Pameran Besar Seni Rupa". Manado
11. 2016. "Sumatera Biennale" Jambi
12. 2016. "Pameran Kartun Santri Nusantara" Galeri Nasional
13. 2017. "Fenestram" Bentara Budaya Jakarta

1. Juara 2 Lomba Lukis Ciputat Painting Fest. 2015
2. Nominator Lomba Karikatur 2015

Biografi:

Nama             : Rohman (omen)
Lahir               : di Jakarta pada bulan juli 1978.
Pendidikan   : Sarjana Seni (S.Sn). 

Selain omen, masih banyak perupa perupa asal Rejang Lebong ini. Semoga pemerintah daerah dapat memberdayakan mereka, bersama-sama mengenalkan potensi Rejang Lebong di tingkat nasional dan internasional dalam rangka mewujudkan Rejang Lebong Kota Wisata.

Omen saat pameran
Omen saat menuangkan gagasannya


Omen bersama para perupa dari Bengkulu dan jurnalis Radar Pat Petulai

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Omen, Pelukis Profesional Aset Rejang Lebong, Bengkulu"

  1. Ya ampun keren banget sih lukisan2nya.. Jadi makin pengin ke bengkuluuu

    BalasHapus