Kode bank BJB dan  cara  melakukan  transfer antar bank : Diagram

Kode bank BJB dan  cara  melakukan  transfer antar bank

Anda akan memerlukan kode bank BJB ketika Anda akan melakukan transfer dari bank lain ke bank BJB. Kebutuhan untuk mentransfer uang telah menjadi kebutuhan bagi orang-orang yang saya dorong untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Masyarakat umumnya melakukan kegiatan transfer untuk tujuan jual beli online.

Saat ini, orang sering berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baik itu berbelanja kebutuhan pokok, pakaian, perangkat elektronik, dan banyak lagi. Tak jarang, Anda perlu melakukan transfer antar bank untuk melakukan pembayaran, karena rekening yang menjadi target berbeda dengan rekening yang Anda miliki.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui kode bank yang ada untuk melakukan transfer antar bank. Kode bank tersebut sudah menjadi perjanjian bagi seluruh layanan perbankan di Indonesia. Anda tidak dapat melakukan transfer antar bank tanpa menggunakan kode bank. Karena saat melakukan transfer antar bank tanpa menggunakan kode bank target, mesin pasti akan ditolak.

Ada begitu banyak kode perbankan di Indonesia, jadi sepertinya tidak mungkin jika Anda harus menghafal semuanya. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengingat kode bank yang banyakdigunakan orang Indonesia. Misalnya kode bank BJB, kode bank BNI, kode bank BRI, kode bank BCA, dan kode bank mandiri.

Bank-bank di atas adalah bank-bank yang memiliki nasabah yang sangat banyak di Indonesia. Jadi, kemungkinan Anda akan melakukan transfer ke salah satu bank ini. Akan sangat berguna jika anda mengingat kode bank yang biasa digunakan. Berkat ini, Anda tidak perlu memeriksa daftar kode bank saat melakukan transfer.

Apa itu Kode Bank BJB?

Kode bank BJB merupakan kode unik yang dimiliki oleh BJB. Kode unik tersebut menjadi kasusepakatan bersama dengan bank-bank lain di Indonesia. Kode bank biasanya sama dengan tiga digit. Saat melakukan transfer antar bank, perlu memasukkan kode bank sebelum nomor rekening target.

Anda akan dikenakan biaya tambahan saat melakukan transfer antar bank. Biaya yang dikenakan bervariasi tergantung pada bank yang Anda gunakan. Agar transfer berhasil, Anda perlu memastikan bahwa saldo cukup jika sudah ditambahkan  ke  biaya transfer  yang perlu dibayarkan. Biasanya ada juga jumlah minimum uang yang ditransfer.

Misalnya, biaya transfer bank BJB ke bank lain sebesar Rp 6.500. Kemudian bank juga menerapkan batas maksimal transfer harian. Jumlahnya sendiri bervariasi, ada yang Rp 10.000.000  dan ada yang Rp 15.000.000. Tran  dengan fer melalui bank biasanya uang akan dikirim dengan sangat cepat.

Jenis pengiriman uang melalui perbankan

Jika Anda adalah nasabah salah satu bank di Indonesia, Anda perlu mengetahui jenis-jenis larangan transfer di Indonesia. Ada tiga jenis transfer, yaitu sistem kliring nasional BI (SKNBI), real-time gross settlement (RTGS) dan transfer online.  Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui jenis-jenis transfer online.

Anda dapat menggunakan layanan SKNBI dengan datang langsung ke cabang terdekat. Dengan menggunakan sistem kliring ini, Anda akan mendapatkan biaya transfer yang lebih murahyaitu Rp 5.000. Tetapi dana untuk sampai ke akun target akan memakan waktu 4 jam. Dalam sehari, Anda dapat mengirim dana menggunakan sistem penyelesaian lima kali.

Untuk metode RTGS, digunakan untuk transmisi dalam jumlah yang sangat besar. Jumlah minimum untuk melakukan transfer RTGS mencapai Rp100.000.000 untuk setiap transaksi.   Sistem ini cukup jarang digunakan oleh individu, biasanya bank  C mentransfernya ke bank D. Bahkan, itu juga dapat digunakan oleh individu, selama batas transfer minimum diamati.

Selain itu, khusus transmisi online, jenis transmisi online ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. Jenis transfer ini bisa dilakukan melalui ATM atau smartphone Anda. Biaya transfer online ini bervariasi, biasanya Rp 6.500 hingga Rp 7.500 per transaksi.

Kode bank BJB dan beberapa bank lain di Indonesia

V Indonézii je veľa bánk, takže existuje aj veľa bankových kódov. Nasledujú niektoré z nich sú Bank BJB  kód 110,  Bank BJB Syariah 425, b ank BCA 014, b ank Mandiri 008, b ank BNI 009, b ank BNI Syariah 427, b ank BRI 002, b ank Syariah Mandiri 451, b ank CIMB Niaga 022, b ank CIMB Niaga Syariah 022   , b ank Muamalat 147 a b ank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) 213.

Okrem tých, ktoré sú uvedené vyššie, stále existuje niekoľko, a to kód banky JENIUS 213, b ank BRI Syariah 422, b ank Tabungan Negara (BTN) 200, Permata Bank 013, b ank Danamon 011, b ank BII Maybank 016, b ank Mega 426, b ank Sinarmas 153     ,  bank Commonwealth 950 , b ank OCBC NISP 028, b ank Bukopin 441, b ank BCA Syariah 536, b ank Lippo 026, Citibank 031   ,  a Indosat Dompetku 789.

Padahal, kode perbankan di Indonesia masih sangat banyak, karena setiap bank memiliki kodenya masing-masing. Kode-kode ini digunakan ketika Anda akan melakukan transfer antar bank. Untuk melihat daftar lengkap kode bank di Indonesia, Anda bisa menggunakan ATM.

Cara melakukan transfer antar bank melalui ATM

Misalkan Anda akan tran sfer dengan rekening target bank bjb.  Langkah pertama adalah mengunjungi ATM terdekat di mana Anda berada.  Kemudian pastikan saldo ATM Anda cukup untuk melakukan transfer.  Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat roda gigi antara ban k  dengan tujuan bank BJB:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam ATM.
  2. Kemudian masukkan pin kartu ATM
  3. Jika berhasil, pilih transfer, lalu pilih antar bank online.
  4. Masukkan kode bank BJB dan nomor rekening target. Katakanlah nomor rekening 098765432 dan kodenya 110. Jadi apa yang Anda masukkan adalah 1100987654321.
  5. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda transfer. Pastikan nominal yang anda masukkan sudah benar. Karena uang yang telah ditransfer tidak dapat ditarik. Kemudian pilih yang benar.
  6. Layar monitor menampilkan informasi tentang penerima. Pastikan nama dan nomor rekening penerima sudah benar. Jika Anda baru saja mengklik dengan benar.
  7. Jika tidak ada kesalahan atau kekeliruan, layar akan menulis bahwa transaksi berhasil. Setelah itu, ATM akan mengeluarkan struk transfer. Jika Anda memiliki tas, itu berarti  Anda telah berhasil melakukan transfer.
  8. Jika perlu, pastikan untuk menyimpan bukti konfirmasi transfer.

Saat ini, Anda harus sangat berhati-hati saat melakukan transfer melalui ATM. Karena ada begitu banyak cara kejahatan. Jangan pernah memberikan pin ATM Anda kepada siapapun karena sangat berbahaya. Saat memasukkan pin ATM ke ATM, bahkan orang-orang di sekitar Anda tidak boleh melihatnya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan transfer antar bank. Yang pertama adalah biaya transfer. Jumlah biaya transfer antar bank bervariasi. Kemudian yang kedua adalah kode bank target. Alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke  laci ATM. Misalnya, jika Anda melakukan pengiriman antar bank dengan tujuan bank BJB, seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas, siapkan kode bank BJB terlebih dahulu.

Read More :