Najwa Shihab "Paket Komplet"

Najwa Shihab
Najwa Shihab. Foto: Tempo.co.id
Sosok Najwa Shihab memang populer. Apalagi setelah dia menjadi pembawa  acara talk show yang begitu fenomenal, Mata Najwa. Namun belakangan  ini, Najwa Shihab menjadi perbincangan hangat, bukan karena episode 'Eksklusif Bersama Novel Baswedan', tetapi karena tayangan Mata Najwa yang menginspirasi itu sudah berhenti mulai Agustus 2017 ini dan episode bersama penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan acara terakhir.

Ternyata, bukan hanya Mata Najwa saja yang berhenti tayang di Metro TV, tetapi Najwa Shihab pun di bulan yang sama menghentikan kebersamaannya di Metro TV. Seperti yang diumumkannya melalui akun Instagramnya @najwashihab:

Eksklusif Bersama Novel Baswedan" menjadi episode live terakhir Mata Najwa. Sudah 7 tahun Mata Najwa mengudara. Sejak episode perdana “Dunia dalam Kotak Ajaib” yang tayang pada 25 November 2009 hingga wawancara eksklusif Novel Baswedan pada 26 Juli 2017, total sudah 511 episode Mata Najwa.

Selama tiga pekan ke depan, Mata Najwa akan menghadirkan kolase berbagai episode lama yang kami anggap penting dan berharga. Pada pengujung Agustus, Mata Najwa akan tiba pada episode final: “Catatan Tanpa Titik”.

Namun Agustus bukan hanya menjadi yang terakhir bagi Mata Najwa saja. Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan.

Tujuh belas tahun bukan waktu yang singkat. Rasa bangga menjadi reporter pertama Metro TV, sebagai pemilik kode reporter 01 dalam istilah teman-teman di Kedoya, sampai kapan pun tak akan luntur. 

Rangkaian perjalanan saya sebagai reporter sebuah TV berita pertama di tanah air terekam dalam, membuat kehidupan jauh lebih kaya serta menjadi bekal berharga untuk terus berkarya sebagai jurnalis.

Terima kasih tiada tara pada keluarga besar Metro TV. Juga kepada semua pihak yang telah bermitra dan mendukung, terutama pemirsa yang selama ini menemani saya dan Mata Najwa.

Salam,
Najwa Shihab


Najwa Shihab bersama suaminya Ibrahim Sjarief Assegaf
Najwa Shihab bersama suaminya Ibrahim Sjarief Assegaf (Foto: Dokumen pribadi dari tribunnews.com) 
Najwa Shihab menjadi topik utama, tidak hanya menjadi perbincangan para netizen, tetapi Najwa Shihab juga dibincangkan hingga ke warung-warung kopi, termasuk warung kopi Kota Curup, Provinsi Bengkulu.

Banyak yang menyayangkan berhentinya tayangan Mata Najwa yang menginspirasi, tetapi tidak sedikit pula yang memberi dukungan berhentinya kebersamaan Najwa Shihab di Metro TV, karena Najwa Shihab harus meniti kariernya yang lebih baik lagi. 

Alasan Najwa Shihab Mundur


Banyak spekulasi terkait mundurnya Najwa Shihab dari Metro TV. Namun, seperti dikutip dari tribunnws.com (Rabu, 9 Agustus 2017) kerabat dekatnya Prof Dr Qasim Mathar MA menceritakan, alasan Najwa Shihab meninggalkan Metro Tv karena Najwa akan fokus pada kegiatan listerasi sebagai "Duta Baca". Karena sebagaimana diketahui, bahwa sejak medio  2016 lalu, Perpustakaan Nasional menobatkan Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia. Dia terpilih menjadi Duta Baca Indonesia periode 2016-2020.  (Baca: Terungkap! Kerabat Sebutkan Alasan Sebenarnya Najwa Shihab Mundur dari MetroTV)

Najwa Sudah Bukan Pegawai Metro TV sejak 2015?


Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata Najwa Shihab bukan lagi sebagai pegawai Metro TV sejak tahun 2015 lalu. Dilansir dari tirto.id, Presiden Direktur Metro TV Suryoprtomo menyatakan kepindahan Najwa Shihab dari Metro TV merupakan keputusan pribadinya untuk mewujudkan mimpinya yang lain.

"Najwa sejak 2015 memilih jadi freelancer dan bukan karyawan Metro TV. Sekarang dia ingin memulai perjalanan baru. Perusahaan tidak mungkin menahan mimpi setiap orang," kata Suryopratomo kepada Tirto melalui pesan singkat, Selasa (8/8/2017). 

Namun, perihal mimpi lain tersebut Suryopratomo mengaku tidak mengerti dan tidak pernah bertanya secara pribadi ke Najwa Shihab. (Baca: Metro TV: Perusahaan Tak Mungkin Menahan Mimpi Seseorang).

Paket Komplet


Meski demikian, sanjungan dan pujian tidak berhenti mengalir kepada anak Quraishihab ini. Banyak masyarakat mengatakan bahwa Najwa Shihab ini adalah "paket komplet" Sudah Cantik, Cerdas Pula". Semoga dia berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya. 

Setujukah anda jika Najwa Shihab ini merupakan "paket komple?"


Profil Najwa Shihab

Najwa Shihab yang akrab dipanggil Nana adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia pernah menjadi anchor program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. Wikipedia
Lahir: 16 September 1977 (39 tahun), Makassar, Indonesia
Pasangan: Ibrahim Sjarief Assegaf (m. 1997)
Pendidikan: Melbourne Law School (2000)
Orang Tua: Muhammad Quraish Shihab, Fatmawati Assegaf
Anak: Namia, Izzat Ibrahim
Saudara kandung: Najelaa Shihab, Nahla Shihab, Ahmad Shihab, Nasywa Shihab

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Najwa Shihab "Paket Komplet""

  1. semoga segera berhijab, aamiin

    ReplyDelete
  2. Aku setuju. Najwa Shuhab adalah salah seorang yang kukagumi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti kata mbak Milda, semoga segera berhijab.

      Delete