Gandeng Komunitas Blogger, Promosikan Bengkulu


Untuk mempromosikan keaneragaman budaya serta keindahan pesona alam yang ada di Provinsi Bengkulu, dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan media digital.

Saat ini informasi dapat disalurkan bukan hanya melalui media koran dan televisi saja, namun bisa juga melalui media digital seperti  facebook, instragram, twitter, youtube dan juga blog. Hal tersebut di ungkapkan salah seorang Tim Ahli Media Center Pemda Provinsi Bengkulu yang hadir saat itu, Rizal Mustary.

Menurut Rizal, para blogger ini tidak hanya menulis, namun lebih dari itu, semua informasi kelompok blogger ini dapat melahirkan informasi yang muncul di dunia maya, dengan menyeleksi serta mendistribusikan konten informasi yang ada di media massa. Yang mereka temui setiap hari, dari belahan dunia lain.
“Jika di Bengkulu ini masih memakai dunia mainstream atau media cetak, maka hal itu dianggap old news, karena saat ini sudah berkembang dan maju new media, yaitu media digital, dan blogging termasuk salah satunya,” kata Rizal, saat memberikan arahannya pada acara pertemuan Komunitas Blogger Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, di Kantor Gubernur Bengkulu, Minggu (30/4).

Dengan menggandeng Komunitas Blogger Bengkulu yang digagas pertama oleh Dinas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bengkulu ini, diharapkan semua OPD dapat mengikutinya.
“Sesugguhnya semua OPD membutuhkan blogger, untuk menjelaskan tupoksi mereka kepada masyarakat, karena tidak semua orang dapat membaca koran,” ujar mantan presenter Televisi Swasta Nasional ini.
“This is our world, ini dunia kita sekarang, mana ada perangkat yang dekat dengan masyarakat sekarang kalau bukan telpon pintar atau gadget,” pungkasnya.

Dirinya menilai pertemuan seperti ini awal yang baik, diharapkan nantinya komunitas blogger ini dapat menjadi dutanya Bengkulu dalam mempromosikan Bengkulu dibidangnya. Apalagi Pemda Provinsi Bengkulu sekarang memiliki program prioritas, yang sangat membutuhkan daya promosi di semua lini, di media digital seperti blogging ini.

Pihaknya, sebut Rizal,  akan terus menjembatani  kegiatan ini agar lebih baik lagi, terutama di bidang media digital ini.
“Saat ini pihak kami, Media Center,  telah memulai selangkah lebih maju dengan mengedepankan media digital ini, seperti faceebook, instragram, twitter serta youtube. Semuanya dapat dengan mudah dikonsumsi maupun dikenal oleh masyarakat luas, dengan sistem new digital tersebut,” ujar Rizal, yang saat ini aktif mengajar di Universitas Al-Azhar Indonesia.

Komunitas Blogger Bengkulu yang berkiprah dalam dunia digital ini, walaupun belum genap satu tahun namun sudah miliki anggota 50 blogger. Mereka sangat konsern untuk mempromosikan Provinsi Bengkulu ke dunia luar melalui media digital.
“Kita ada kegiatan online dan offline, dimana pada kegiatan online kita aktif di media sosial seperti facebook dan Whatsapp. Kita akan berhenti jika dalam suatu komunitas hanya berdiam saja, tak ada kegiatan yang mendukung program pemerintah,” kata Ketua Komunitas Blogger Bengkulu, Mildani.

Selain itu, komunitas Blogger Bengkulu yang di singkat Bobe ini, setiap bulannya selalu membuat tulisan, dengan mengankat berbagai tema yang dapat mempromosikan Provinsi Bengkulu ke dunia luar, guna mendukung program Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Di sisi lain, Kepala Dinas UKM Provinsi Bengkulu, Yuliswani mengatakan, pertemuan  ini bertujuan agar Pemerintah Bengkulu dapat bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat Bengkulu, untuk bersama-sama memajukan perekonomian Bengkulu ini, dengan hal-hal yang positif melalui media sosial.
“Kita harapkan, Bengkulu ini dikenal karena keanekaragaman budaya serta masyarakatnya yang baik-baik. Dengan teman-teman blogger ini, dapat mengenalkan Bengkulu ini ke seluruh dunia dengan hal–hal positif, sehingga orang akan tertarik berkunjung ke Bengkulu ini,” kata Yuliswani. (mediacenterbengkulu)

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Gandeng Komunitas Blogger, Promosikan Bengkulu"

  1. Wah bagus mas artikelnya, aktivitasnya menarik sebab dapat membangun silaturahmi dan dapat mempromosikan daerahnya.

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah ke Bengkulu semoga bisa injekkan kaki kesana. keren banget ni programnnya sudah saatnya bersinergi satu sama lain y untuk bisa mengenalkan sesuatu ke luar. semoga programnya jalan terus dan berhasil aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..terimakasih mbak Herva apresiasinya :)

      Delete
  3. keren.blogger ada dimana mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..katanya sekarang eranya digital,hehe.. trims mas apresiasinya. Salam

      Delete
  4. Kapan pengen juga jumpa dengan blogger blogger Bengkulu. Maju terus Blogger Bengkulu

    ReplyDelete
  5. ini kopdar perdana yang ane ikut..hee seru abiz.. sukses sllu buat BoBe

    ReplyDelete