Targetkan Gula Aren dan Kopi Curup Tembus Pasar Dunia

Kaba Mountain Coffee
MENGHADAPI tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Prindag) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mulai fokus mempersiapkan produk unggulan dari Kabupaten RL, agar tembus hingga pasar dunia.

Produk unggulan yang dianggap sudah siap tersebut di antaranya kopi asli Rejang Lebong dengan label Kaba Mountain Coffee. Selain itu, gula semut aren juga salah satu komoditi andalan RL, ditargetkan mampu menembus pasar dunia.

Plt Kepala Dinkop UKM Perindag RL, Bustami S.Sos mengakui, Kaba Mountain Coffee dan gula semut aren memang sudah dipersiapkan agar bisa menebus pasar dunia. "Kita berharap, rencana memasarkan produk kita ke pasar dunia bisa terwujud," kata Bustami.

Menurut Bustami, untuk gula aren sendiri, sejauh ini sudah mampu memproduksi ratusan ton setiap bulannya. Hanya saja, cara produksinya masih tradisional, menggunakan batok tempurung. "Saat ini, jumlah pengrajin gula aren sangat banyak dan sudah sangat banyak pula gula aren yang dijual ke daerah lain," terang Bustami.

Untuk itu dia berharap, dengan banyaknya produksi gula aren di RL ini. Kedepan, rencana untuk memasarkan gula semut aren hingga ke pasar dunia bisa terwujud, dengan cara melakukan pembenahan-pembenahan agar mampu bersiang dengan produk dari negara lainnya. Baik itu masalah kemasan dan maslah sertifikat gula aren bebas dari bahan kimia, dimana hingga saat ini hal tersebut masih menjadi kendala. "Untuk dijual keluar, gula aren harus bebas kimia dan harus steril. Hal ini menjadi salah satu syarat utamanya," pungkas Bustami kepada RPP.(*)

Sumber: radarpatpetulainews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Targetkan Gula Aren dan Kopi Curup Tembus Pasar Dunia"

Post a Comment