SALE

Tempat Wisata Keren di Bengkulu, Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Objek wisata Danau Mas Harun Bastari merupakan satu diantara banyak objek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong (RL), Provinsi Bengkulu. Danau dengan panorama alamnya yang indah, dikelilingi perbukitan yang hijau, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ketika mengunjungi danau yang terletak tidak jauh dari Gunung Kaba ini.

Sebelum memasuki gerbang Danau Mas Harun Bastari, pertama kali wisatawan disambut pemandangan yang hijau. Perbukitan yang di kiri-kanan jalan ditumbuhi aneka sayur-mayur. Sehingga daerah ini juga disebut sebagai centra sayur-mayur, selain dengan hasil kopinya yang terkenal. Sebab, daerah ini termasuk salah satu daerah pemasok sayur-mayur untuk Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Udaranya yang sejuk, dipadu dengan keindahan alamnya yang sangat sangat memukau mampu merefresh otak, setelah seharian bergumul dengan rutinitas pekerjaan yang kadang kala sangat menjemukan. Tentu, momen-momen bercengkerama bersama keluarga sembari melemparkan mata pancing ke permukaan danau yang dipenuhi beragam jenis ikan tidak akan didapati jika tidak mencoba berkunjung ke Danau Mas Harun Bastari.

Danau Mas Harum Bastari terletak di Desa karang jaya Kecamatan Selupu Rejang, berjarak sekitar 19 kilometer dari Kota Curup (ibu kota Kabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 25 kilometer dari Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Danau Mas Harun Bastari ini dikelilingi perbukitan nan hijau yang menjadikannya semakin terasa sejuk dan eksotis. Lokasi danau ini, juga sering disebut "Puncaknya" Bengkulu.

Letaknya yang strategis berada di jalur lintas Curup - Lubuk linggau,  sering kali mencuri perhatian para pengguna jalan yang melewati jalan tersebut.

Tidak jauh dari danau, berdiri gagah gunung api yang masih aktif bernama Gunung Kaba. Gunung ini satu-satunya gunung api di Provinsi Bengkulu yang masih aktif. Jika tidak berkabut, dari danau, gunung api ini terlihat sangat jelas. Untuk memanjakan para wisatawan, di lokasi danau dengan luas sekitar 36 hektar ini, disediakan berbagai fasilitas rekreasi seperti perahu family yang disewakan untuk mengelilingi danau, dan fasilitas lainnya.

Selain fasilitas wisata air, di Danau Mas Harum Bastari juga terdapat Zona Out Bone yang dijamin dapat menguji adrenalin pengunjung, dari Zona jaring laba-laba hinga flying fox yang melintasi pinggiran danau juga dapat ditemui dilokasi ini.

Nah, bagi anda para pengnjung dari luar kota tidak perlu khawatir memikirkan masalah penginapan. Sebab, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Curup, di sekitar danau juga tersedia banyak vila-vila cantik dan home stay dengan fasilitas yang memadai, sangat cocok untuk anda dan keluarga beristirahat menghabiskan masa liburan. Dari vila yang posisinya berada diatas perbukitan sekitar danau, pengunjung dapat beristirahat sekaligus menikmati indahnya pemandangan danau.

Apalagi malam hari, saat langit terang bertabur bintang, bagi pasangan yang berbulan madu mendadak mampu bersyair, membisikkan kata-kata indah kepada pasangannya. Suasana begitu sangat romantis. Cukup sampai di sini? Ternyata belum selesai.

Selain menikmati pemadangan danau, anda bisa mengunjungi perkebunan strawbery yang banyak dibudidayakan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, beberapa kilo meter dari danau, anda bisa menemukan perkebunan tomat serta sayur mayur yang ada di Desa Karang Jaya.

Tidak cukup dengan danau? karena hanya 10 menit dengan kendaraan bermotor dari danau, anda sudah bisa langsung menikmati pemadangan Gunung Kaba. Gunung Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip, bersebelahan dengan Desa Karang Jaya.

Untuk mencapai puncak Gunung Kaba, tidak harus memakan waktu hingga puluhan jam. Hanya dengan waktu 2,5 jam berjalan kaki anda sudah bisa mencapai puncak Gunung Kaba dan melihat kawah yang masih aktif dan indahnya sunrise dari ufuk timur.

Puncak Gunung Kaba juga bisa ditembus dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Hanya saja, saat ini jalannya sedang rusak, sehingga hanya kendaraan double gardan yang mampu menaiki hingga ke puncak Gunung Kaba. Namun, tak usah khawatir mulai 2017 jalan menunju puncak Gunung Kaba sudah aspal mulus jenis hotmix. Karena pembangunannya sudah dianggarkan di APBDP Rejang Lebong tahun 2016.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi: kopicurup@gmail.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Keren di Bengkulu, Danau Mas Harun Bastari"

Post a Comment